Jumat, 01 Februari 2013

Paus Pembunuh


Paus Pembunuh atau Orca (Orcinus orca) adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Spesies ini ditemukan di seluruh samudera, dari kawasan dingin seperti Atlantik dan Antarktika hingga kawasan bersuhu hangat. Orca dapat ditemui di hampir semua lautan di dunia, akan tetapi kebanyakan Orca hidup di daerah dingin dan memiliki ciri khas warna hitam dan putih pada bagian badannya. Paus Pembunuh merupakan predator puncak di lautan, kebanyakan populasi memakan ikan, sementara populasi lainnya memakan mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, walrus hingga paus besar.
Pada 04 oktober 1997 di lepas pantai California Amerika Serikat pun, sekelompok pengamat paus yang sedang di bepergian di pulau farallon telah merekam sebuah kejadian unik tentang paus pembunuh yang menyerang hiu putih dewasa dan kemudian memakan hiu tersebut. pernyataan yang mengatakan bahwa Hiu merupakan predator yang mengendalikan rantai makanan teratas di laut pun dipatahkan karena peristiwa itu.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Cetacea
Upaordo: Odontoceti
Famili: Delphinidae
Genus: Orcinus
Spesies: O. orca
Nama binomial
Orcinus orca
Linnaeus, 1758
Orca atau paus pembunuh adalah paus bergigi yang merupakan predator yang efisien, bahkan menyerang paus besar berwarna biru muda. Hanya musuh mereka adalah manusia. Orca tinggal di tempat kecil, erat, polong seumur hidup dan memiliki 1 blowhole. Ikan paus pembunuh milik keluarga lumba-lumba dan lumba-lumba terbesar. Kadang-kadang disebut “serigala laut” karena perilakunya mirip dengan serigala.
Para peneliti telah menemukan fakta bahwa mereka berburu dalam keheningan sebagai upaya menghindari terdengar oleh mangsanya. Paus pembunuh menggunakan ‘siulannya’ untuk berbicara satu sama lain dan sebagai cara menemukan jalan di sekitar mereka. Gema ini juga bertujuan membantu binatang untuk memetakan lingkungan mereka, dan untuk menentukan lokasi pencarian makan berikutnya. Mereka mengorganisir diri menjadi suatu kelompok. Meskipun jarak antarpaus satu dan lainnya sampai satu mil jauhnya, tetapi pada saat mendengar suara keras, maka antarpaus satu dan lainnya saling berdatangan untuk berbagi hasil tangkapan mereka.
Ukuran
Orca dapat tumbuh sekitar 27-33 kaki (8-10 m) panjang, beratnya lebih dari 8,000-12,000 pound (3,600-5,400 kg). Orca jantan lebih besar dari betina. Mereka adalah anggota terbesar dari keluarga lumba-lumba.

Kulit, Bentuk, Dan Sirip
Kulit Orca adalah kebanyakan hitam dengan bercak putih khas. Orcas memiliki tubuh gempal dan kepala bulat dengan paruh khas. Mereka memiliki, tinggi berbentuk sabit (berbentuk sabit) sirip punggung dan besar, sirip dayung-suka. Sirip punggung dari laki-laki lebih tinggi (sampai 6 ft tinggi) dan tegak lebih dari itu dari wanita (yang sirip punggung sampai dengan 4 ft tinggi).
Gigi dan Makanannya
Paus pembunuh adalah pemburu yang efisien yang makan makanan sangat beragam ikan, cumi, hiu, mamalia laut (termasuk ikan paus dan anjing laut), penyu, octopi, dan burung (penguin dan burung camar). Mereka bahkan telah diketahui menyerang ikan paus biru muda dan paus besar lainnya. Mereka memiliki 10-13 pasang besar, saling kerucut, gigi enamel kedua didistribusikan di rahang atas dan bawah (untuk total 20-26 pasangan, sehingga orca memiliki 40-52 gigi). Gigi kurva ke dalam dan ke belakang – ini membantu orca menangkap mangsanya. Gigi rata-rata sekitar 3 inci (7,6 cm) dan panjang sekitar 1 inci dengan diameter, tetapi beberapa bahkan lebih lama. Anggota polong yang sering bekerja sama dalam berburu. Sebuah orca berukuran rata-rata akan memakan £ 551 (250 kg) makanan sehari.
Habitat
Paus pembunuh hidup di perairan mulai dari tropis ke kutub, dan keduanya perairan pesisir dan laut dalam. Mereka ditemukan di semua samudera di dunia dan sebagian besar lautan. Orca kadang-kadang masuk muara, tetapi tidak pergi jauh dari laut

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar